10 MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIPANASKAN


Mungkin kamu pernah mendengar jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan. Mungkin kamu akan menjawab bayam, namun ternyata tidak hanya bayam saja yang tidak boleh di panaskan. Di bawah ini ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan. Dengan alasan karena nutrisi yang akan hilang dan ada beberapa alasan lainnya.

Bayam

Untuk sayuran yang satu ini pasti memang sudah tidak asing lagi. Bayam memang tidak boleh dipanaskan secara berulang – ulang. karena oksidasi yang terjadi pada bayam akan sangat membahayakan untuk tubuh. 

Kentang

Kentang juga hampir sama seperti bayam. Karena kandungan nutrisi dalam kentang akan hilang jika kentang dipanaskan kembali. Selain itu, jika proses pemanasan yang terjadi secara berulang resiko oksidasi juga akan terjadi pada kentang. Keadaan ini malah akan sangat berbahaya untuk tubuh, karena kentang itu sendiri akan berubah menjadi racun dan bukan makanan yang sehat lagi.


Jamur

Jika di rumah kamu suka memasak jamur dalam porsi yang mungkin terlalu banyak. Lebih baik kamu mengkonsumsinya dalam keadaan dingin. Karena jika kamu menghangatkan makanan ini maka yang terjadi adalah protein yang terdapat dalam jamur akan hilang. Dan yang lebih buruk lagi akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.


Ayam

Ayam tidak boleh dipanaskan. Karena hal ini hampir sama seperti jamur, jika ayam mengalami proses pemanasan yang berulang – ulang akan mengakibatkan perubahan komposisi proteinnya. Jika di rumah kamu ingin menghangatkan masakan ayam, sebaiknya melakukan pemanasan dengan api kecil dan dalam waktu yang singkat. Karena dengan cara ini akan meminimalkan rusaknya gizi dalam daging ayam.


Telur

Telur juga hampir sama dengan ayam. Namun telur akan sangat membahayakan untuk tubuh jika dipanaskan secara berulang. Karena telur yang dimasak dalam keadaan bulat utuh akan lebih berbahaya jika dipanaskan.


Seledri

Seledri ini sama seperti bayam, jika dipanaskan secara berulang juga tidak baik. Seledri memiliki kandungan nitrat seperti bayam yang jika dipanaskan akan berubah menjadi asam nitrat. Asam nitrat akan beresiko memicu tumbuhnya kanker dan gangguan uptake oleh hemoglobin.


Gorengan

Untuk makanan yang gurih ini juga tidak baik jika dipanaskan. Karena, jika gorengan dipanaskan secara berulang maka akan membuat minyak yang ada dalam gorengan bertambah dan bertumpuk – tumpuk yang dapat memicu peningkatan kolesterol.


Santan

Mungkin jika masakan yang ditambahkan dengan santan memang rasanya akan lebih gurih. Namun jika masakan tersebut di panaskan secara berulang maka akan sangat tidak baik. Karena hal ini akan membuat santan menjadi lemak jahat yang beresiko menimbulkan kolesterol.


Ubi

Ubi memiliki kandungan nitrat seperti halnya bayam dan seledri. Jika terlalu sering dipanaskan makan akan sangat berbahaya bagi tubuh.


Brokoli

Sayuran brokoli memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang baik untuk tubuh. namun brokoli ini memiliki sifat yang hampir sama dengan bayam. Jadi jika brokoli dipanaskan secara berulang akan merubah nitrat menjadi asam nitrat yang memicu tumbuhnya sel karsinogenik.

Comments