KULINER KHAS KOREA UTARA


Berbicara tentang dunia kuliner, di Negara Korea Utara masih terbilang cukup tragis pada masa lalunya. Terjadinya kelaparan yang melanda rakyatnya sekitar tahun 1994 sampai 1998 yang lalu, menyebabkan kematian 600 ribu sampai 2,5 juta orang.

Pemimpin Korea Utara yaitu Kim Jong il pada masa itu menolak bantuan dari siapapun sampai tahun 1997 dan akan menghukum mereka yang berusaha untuk mendapatkan, membeli, menyelundupkan dan mencuri makanan.Sampai saat ini masih ada masyarakat Korea Utara yang mati kelaparan pada setiap tahunnya. Tidak sedikit juga yang menderita karena makanan yang di konsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Kesenjangan antara masyarakat kelas atas dan kelas bawah sangat signifikan. Sehari – sehari mereka harus bertahan hidup dengan mengkonsumsi makanan seperti, kimchi, nasi, dan bubur jagung dengan asupan protein yang sedikit bahkan mungkin bisa dikatakan tidak ada sama sekali.Kuliner khas Korea Utara sendiri sebenarnya tidak banyak yang berbeda dengan Kuliner Korea Selatan yang kini telah menuai popularitas di dunia.

Di bawah ini ada beberapa kuliner khas Korea Utara

Injo Gogi Bap

Kuliner ini adalah jajanan pinggir jalan yang sangat populer di Korea Utara. Injo gogi bap tercipta karena kelaparan yang terjadi pada rakyat Korea Utara pada tahun 1990 an. Mereka tidak mau membuang makanan. Dan akhirnya mereka membuat sisa kacang kedelai menjadi sosis. Biasanya ino gogi bap disantap sehari – hari bersama dengan saus pedas dan nasi.

Bubur Jagung

Makanan ini menjadi menu makanan untuk sarapan yang populer di Korea Utara. Mereka gemar memakannya bersama sup, rumput laut, kuning telur mentah dan kimchi.

Naengmyun

Makanan ini adalah salah satu varian mie dingin yang menjadi hidangan favorit masyrakat lokal Korea Utara. Mie yang dibuat dari tepung gandum, kentang dan buckwheat. Makanan ini disajikan dalam keadaan dingin, terkadang juga diberi es batu. Rasanya mirip dengan rasa asinan.

Sunseollo

Menyantap makanan di restoran Pyongyang, Ibu kota Korea Utara biasanya menghabiskan dana agak mahal. Namun harga ini hanya dapat dibayar oleh orang – orang kelas atas di Korea Utara. Hidangan yang mahal sering mereka santap, salah satunya adalah sinseollo, makanan ini semacam shabu – shabu versi Korea Utara.

Sondae

Makanan yang satu ini banyak ditemui di Korea Utara maupun di Korea Selatan. Soondae adalah sosis dari darah hewan yang diberi bumbu seperti biji wijen, jahe, yang dimasukkan dalam usus sapi atau babi, kemudian dimasak sampai keras.

Nasi dan Tahu

Mungkin untuk makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk lidah orang Indonesia. Makanan ini sangat mirip dengan inarizushi Jepang, yang berupa tahu goreng yang di isi nasi didalamnya.

0 Response to "KULINER KHAS KOREA UTARA"

Post a Comment