MANFAAT HIJAB UNTUK KESEHATAN


Hijab pada dasarnya membuat seseorang menjadi sehat, karena pakaian yang tertutup seluruh tubuh dapat mencegah dari radiasi sinar ultra violet penyebab penyakit kanker kulit. Karena jumlah radiasi yang sedikit, selama ini sinar ultra violet C jarang untuk di perhitungkan, tidak seperti hal nya sinar ultra violet A dan B. namun dikarenakan usia bumi yang semakin rusak lapisan ozon dan atsmosfer bumi akibat penggunaan freon dan bahan adiktif gas lainnya, sinar ultra violet C akan semakin mudah masuk  ke dalam bumi.

  • Ternyata kulit wanita lebih tipis dibanding dengan kulit laki – laki, dan mempunyai pigmen yang lebih rentan akan penyakit kanker kulit. 


  • Untuk dapat menyerap sinar matahari yang bermanfaat untuk kesehatan cukup daribagian wajah dan telapak tangan. Sedangkan untuk menghindari sinar ultra violet C, penggunaan pakaian sudah melakukan fungsinya sebagai tabir surya, dan untuk kedua bagian tubuh lain seperti wajah dan telapak tangan cukup dengan mengenakan kosmetik tabir surya. Itu pun dilakukan hanya pada waktu sinar matahari mulai membahayakan kulit.


Hijab dapat mencegah kontak langsung antara kulit dari bahaya sinar ultra violet matahari secara langsung. Hal ini terbukti bahwa sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit, antara lain :

a. Sunburn
b. Solar Keratoses

Terjadinya sunburn akibat sengatan matahari yang kadarnya melebihi daya tahan kulit terhadap UV, seperti luka bakar terkena api. Biasanya gejala sunburn tidak terlihat seketika setelah terkena langsunng sinar matahari. Namun baru akan tampak setelah beberapa waktu. Gejala diawali dengan rasa perih dan muncul warna – warna merah. Untuk Penyakit ini kulit akan terlihat seperti sisik – sisik kasar yang terlihat pada baian yang terbakar. 

Penyakit ini dapat berkembang menjadi kanker kulit yang menyerang sel gepeng squamous cell. Radang ini juga sering di jumpai pada tempat – tempat yang sering terkena sengatan sinar matahari, terutama pda punggung tangan dan wajah. Biasanya bagian wajah yang sering adalah radang hidung, tonjolan pipi, bibir atas dan dahi. Biasanya penyakit ini sering terjadi pada orang yang melakukan aktivitas di area terbuka dalam jangka waktu yang lama.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Dengan hijab akan dapat melindungi rambut dari debu dan sinar UV, sehingga rambut lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya. Interaksi langsung antara rambut dengan dunia luar bisa membuat warna kemilau rambut menjadi kusam.

  • Higienis dan Tahan Terhadap Penyakit

Kebiasaan mengenakan hijab dapat menimbulkan kebiasaan hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit. Mungkin untuk beberapa profesi pekerjaan ada yang mewajibkan mengenakan penutup kepala. Misalnya saja pekerja restoran, perawat, klinik dll. Hal ini dilakukan, karena penutup kepala dapat mencegah tubuh dari kontaminasi virus.

Comments