4 PERAWATAN DASAR KULIT WAJAH


Perawatan wajah semua wanita berbeda – beda sesuai dengan jenis kulitnya masing – masing wanita tersebut. Ada sebagian wanita yang hanya membutuhkan dua tahap perawatan kulit wajah, yaitu hanya dengan membersihkan dan menggunakan pelembab atau tabir surya. Bahkan ada salah seorang yang hanya perlu menggunakan tabir surya saja, tanpa harus mengaplikasikan pelembabnya terlebih dahulu. Hal ini karena karena tabir surya dirasa sudah cukup lengket dan tidak memerlukan pelembab lagi.

Namun ternyata wanita itu tak tahu  bahwa sebenarnya ada empat tahapan dasar untuk perawatan kulit wajah setiap harinya. Berikut ini ada empat tahapan dasar perawatan kulit wajah yang tak boleh di lewatkan setiap harinya.

  • Cleanser


Membersihkan wajah dari sisa – sisa debu maupun make up memang menjadi tahapan penting dalam perawatan wajah. Dengan membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih khusus disarankan untuk dilakukan maksimal dua kali dalam sehari. Kecuali jika kamu bekerja di suatu area dengan konstruksi atau bahkan kamu kerja di lapangan, maka kamu perlu mencuci wajah setidaknya sampai dengan tiga kali dalam sehari.

Apabila kamu menggunakan pembersih wajah, yang membuat wajah kamu kering dan terlalu kencang hal itu kemungkinan kandungan produk pembersih wajah yang kamu gunakan tidak cocok untuk wajah kamu. Solusinya adalah dengan mengganti produk pembersih kamu dengan kandungan yang lebih lembut. Atau kamu bisa memaksimalkan perawatan dengan membersihkan wajah dengan konsep double cleansing.

  • Toner


Pada tahapan perawatan ini memang terkadang dilewatkan karena fungsinya yang tidak diketahui sebagian besar wanita. Toner ini berguna untuk menutup pori – pori sehingga kotoran tidak mudah masuk dan menyebabkan jerawat. Karena pori – pori yang tertutup ini, kulit kamu pun akan terasa lebih kencang. Toner juga bisa menyeimbangkan kembali kadar ph kulit setelah dibersihkan. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan double toning dengan dua produk toner yang memiliki fungsi yang berbeda.

  • Moisturizer


Pada saat kamu membersihkan wajah, maka hal ini akan membuat minyak alami dalam kulit tersebut ikut terangkat. Hal ini lah yang menjadi alasan untuk wanita menggunakan pelembab sebagai penggantinya. Jika kamu menggunakan perawatan wajah yang memiliki kandungan yang cukup kers, akan membuat kulit cenderung lebih mudah kering, sensitif dan kusam. Cara mengatasi masalah ini kamu harus bisa memastikan dan menyesuaikan produk pelembab wajah dengan jenis kulit kamu. Untuk yang memiliki jenis kulit kering disarankan untuk memilih produk dengan tekstur yang creamy. Dan untuk jenis kulit yang berminyak, kamu bisa menggunakan produk kosmetik yang bertekstur gel atau pun water based.

  • Sunscreen


Jika kamu melupakan perawatan menggunakan tabir surya yang termasuk dalam tiga kebiasaan buruk teratas yang dilakukan para wanita. Tabir surya berguna untuk memberikan perisai untuk kulit kamu dari efek sinar matahari yang akan merusak kulit wajah kamu. Sebaiknya untuk memilih produk yang berlabel SPF sebagai pencegah sinar UVB yang akan membuat kulit kamu gelap, serta label PA yang berfungsi sebagai penangkal rusaknya kolagen dan mencegah terbentuknya sel kanker kulit.

Comments