APA BAHAYA JERUK NIPIS BAGI PENDERITA MAAG DAN KESEHATAN


Jeruk memang dapat berbahaya untuk penderita maag. Hal ini dikarenakan banyaknya penderita maag mengkonsumsi jeruk berdampak pada ketidak nyamanan dalam perutnya. Oleh karena itu pengkonsumsian jeruk nipid untuk penderita maag harus perlu pengawasan. Jika tidak, akan menyebabkan penderita maag tersiksa dengan efek yang ditimbulkan dari jeruk nipis. Selain membatasi konsumsi jeruk nipis yang berlebih bagi penderita maag. Penderita maag juga tidak boleh mengkonsumsi berbagai macam produk minuman yang berbahan dasar jeruk nipis.

Berikut ini  beberapa bahaya dari jeruk nipis bagi penderita maag :


1. Memicu asam lambung yang tinggi

Jeruk nipis dapa memicu asam lambung menjadi tinggi. karena jeruk nipis memiliki zat asam yang membuat jeruk nipis memiliki rasa asam. Zat asam itulah yang akan menyebabkan asam lambung menjadi tinggi dan bagi penderita maag akan menyebabkan penyakitnya menjadi kambuh.

2. Perut terasa begah

Bagi orang yang menderita maag, saat mengkonsumsi jeruk nipis dan berbagai produk olahan jeruk nipis yang berlebih akan menimbulkan perut terasa begah atau penuh. Efek perut begah ini diakibatkan karena asam lambung yang tinggi setelah mengkonsumsi jeruk nipis. Asam lambung tersebut membuat perut terasa penuh dengan cairan dan begah.

3. Perut terasa peruh dan teremas – remas

Bagi penderita maag perlu mewaspadai jika mengkonsumi jeruk nipis, karena akan menimbulkan efek perut yang terasa perih dan teremas – remas. Bagi penderita maag ringan mungkin tidak akan mendapatkan efek apa – apa saat mengkonsumsi jeruk nipis dan berbagai macam olahannya. Namun akan sangat berbeda bagi penderita maag kronis yang sudah memiliki luka pada lambung, ketika tukak lambung bersentuhan dengan zat asam perut akan terasa perih dan teremas – remas.

4. Memicu muntah

Untuk penderita maag, mengkonsumsi jeruk nipis dapat memicu muntah. Hal ini dikarenakan zat asam pada jeruk nipis dapat memicu asam lambung yang naik ke kerongkongan manusia. Hal tersebut akan memicu seseorang untuk mual dan muntah.

5. Memproduksi air liur yang berlebihan

Penderita maag yang mengkonsumsi jeruk nipis akan memproduksi air liur yang berlebihan. Karena zat asam yang dimiliki oleh jeruk nipis akan merangsang produksi air liur secara berlebihan.

6. Mulut menjadi pahit

Zat asam yang terdapat dalam jeruk nipis akan membuat selaput lidah menjadi pahit. Mulut pahit merupakan efek lanjutan dari produksi air liur yang berlebih dalam mulut.

7. Bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan karena naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan. Hal ini sering terjadi pada orang yang menderita maag.

8. Kesulitan menelan

Jika kamu mengalami kesulitan menelan setelah mengkonsumsi jeruk nipis kamu bisa mencoba untuk memakan makanan untuk penderita asam lambung. Hal ini terjadi karena jeruk nipis membuat asam lambung menjadi naik ke kerongkongan, pada kerongkongan akan tersumbat dengan zat asam tersebut sehingga makanan yang akan masuk dalam tubuh akan terhalang.

0 Response to "APA BAHAYA JERUK NIPIS BAGI PENDERITA MAAG DAN KESEHATAN"

Post a Comment