ATURAN MINUM JUS YANG BAIK UNTUK KESEHATAN TUBUH


Jus buah merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Untuk memperoleh manfaat jus yang maksimal ternyata ada aturan saat meminum jus.

Mengkonsumsi jus akan membantu seseorang memperoleh manfaat dari buah dengan cara yang praktis tanpa harus memakan buah – buahan tersebut secara satu per satu. Tubuh juga akan lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam jus.

Berikut ini ada beberapa aturan penting saat mengkonsumsi jus :


1. Jus asam tidak di konsumsi pada pagi hari

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk minum jus. Karena jus buah yang mengandung banyak serat dan air akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah yang memiliki rasa asam pada bagi hari, karena akan memicu terjadinya sakit perut. Jus buah yang tepat di minum saat pagi hari misalnya pepaya, pisang, wortel atau apel.


2. Jus bukan pengganti makanan

Pada saat seseorang sedang melakukan diet memang di perbolehkan mengganti menu makan malam dengan segelas jus . tapi hal ini tidak bisa dilakukan jika jus sebagai pengganti sarapan dengan maksud untuk menurunkan berat badan. Karena kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain.

3. Jus bukan pengganti buah

Mengkonsumsi jus secara terus – menerus tanpa mengkonsumsi buah secara langsung juga tidak baik untuk tubuh. karena hal ini dapat meningkatkan berat badan. Sebaiknya tetap mengkonsumsi buah – buahan secara langsung.

4. Jus di konsumsi beserta ampasnya

Jika anda mengkonsumsi jus buah dengan ampas yang terpisah. Dan hanya meminum airnya saja, sebaiknya anda merubah kebiasaan itu. Karena pada ambas buah terdapat serat dan vitamin misalnya saja vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh.


5. Jangan menyimpan jus dalam jangka waktu yang lama

Sebaiknya anda langsung meminum jus yang baru dibuat. Karena jika meminum jus yang sudah di buat pada pagi hari dan meminumnya pada sore hari akan menurunkan manfaat yang terkandung dalam jus. Vitamin dalam jus bisa dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di lingkungan.

6. Jus yang dibuat menggunakan buah – buahan segar

Agar memperoleh khasiat yang maksimal, gunakan buah atau sayuran segar untuk membuat jus. Jangan karena hanya memandang agar buah dan sayuran yang layu tidak terbuang sia – sia dan menggunakannya untuk membuat jus.

7. Membuat jus dengan berbagai variasi

Sebaiknya anda jangan membuat jus yang anda sukai saja. Membuat jus dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat yang baik dari jus. Dengan mengkombinasikan berbagai macam buah dalam satu gelas jus merupakan cara yang praktis agar tubuh memperoleh beberapa manfaat dalam satu kali konsumsi.

Comments