KEJANG DEMAM PADA ANAK


Saat si buah hati sakit, pasti pikiran orangtua menjadi khawatir dan cemas terhadap kondisi anak. Apalagi jika anak mengalami deman dan suhu yang meninggi, terlebih jika demam yang disertai dengan kejang –kejang. Demam kejang biasanya terjadi pada sebagian anak.  Terutama jika orangtua memiliki riwayat kejang  yang serupa saat masih kecil. Anak yang mengalami kejang tentu akan membuat panik orang tua. 

Demam yang di ikuti dengan kejang adalah kejang yang terjadi ketika seorang bayi atau anak mengalami demam yang bukan disebabkan karena infeksi sistem saraf pusat. Kejang yang terjadi pada anak perlu mendapatkan perhatian karena hal ini akan terjadi berulang kali dan dapat membahayakan kondisi anak. Jika anak terlalu sering mengalami kejang demam, akan dapat merusak sel – sel otak pada anak.

Jenis Kejang Demam

  • Kejang demam sederhana

Kejang yang terjadi pada seluruh tubuh dalam jangka waktu kejang kurang dari 10 menit dan tidak terulang lagi dalam kurun waktu 24 jam.

  • Kejang demam kompleks

Yaitu kejang lokal yang biasa terjadi pada bagian tubuh kengan dan tungkai kaki. Kejang kompleks terjadi dalam kurun waktu lebih dari 10 menit dan terjadi lebih dari 1 kali dalam kurun waktu 24 jam.

Mengenali kejang demam pada anak
Apabila bunda menduga buah hatinya mengalami kejang, sebaiknya untuk memastikannya terlebih dahulu.

  • Jika si kecil dalam posisi lengan tertekuk pada siku, maka dengan perlahan coba untuk meluruskan lengan anak. Jika lengan dengan mudah dapat diluruskan berarti anak tersebut tidak mengalami kejang
  • Jika si lengan anak dalam posisi lurus, maka anda dapat mencoba perlahan menekuk lengan anak anda. Jika lengan anak mudah untuk di tekuk berarti anak tidak mengalami kejang
  • Sebaliknya jika lengan anak sulit untuk di luruskan atau di tekuk, kemungkinan besar anak mengalami kejang.


Tips menghadapi kejang demam pada anak
  • Sebaiknya orangtua jangan langsung panik. Karena kepanikan tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Jika menghadapi anak kejang sebaiknya lakukan hal –hal berikut ini
  • Tenangkan diri anda 
  • Jika tubuh anak dalam posisi terlentang sebaiknya untuk memiringkan tubuh anak ke salah satu sisi.
  • Jangan memberikan minuman apa pun pada anak, karena minuman yang masuk pada saat kondisi anak kejang akan membuat cairan masuk dalam paru – paru.
  • Jika anda memberikan obat untuk meredakan kejang sebagai pertolongan pertama biasanya obat dimasukkan melalui dubur. Jika anak anda pernah mengalami kejang, sebaiknya untuk menanyakan pada dokter obat apa yang baik untuk meredakan kejang tersebut dan untuk selalu menyiapkan persediaan obat dirumah.
  • Bawa segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan penanganan.

0 Response to "KEJANG DEMAM PADA ANAK"

Post a Comment