Kekurangan makanan ini dapat menyebabkan kesulitan tidur


Kamu pernah mengalami yang namanya susah tidur? Atau bahkan sering mengalaminya. Hal seperti itu, sebaiknya kamu memperhatikan kebiasaan makanan apa yang kamu konsumsi pada saat siang hari. karena, sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menyebutkan bahwa asupan nutrisi tertentu bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Baik itu meningkatkan atau pun malah menguranginya. 

Berdasarkan hasil data dari National Healt and Nutrition Examination yang sudah dianalisa oleh para peneliti, terjadinya kesulitan tidur memiliki kaitannya erat dengan jumlah asupan kalori dalam tubuh, kurangnya mineral misalnya seperti kalsium, dodecanoic acid,  dan selenium. Diet yang kurang bervariasi dan tingginya garam juga disinyalir menjadi salah satu penyebab susahnya tidur saat malam hari.

Nah berikut ini ada beberapa nutrisi yang harus dicukupi kebutuhan hariannya agar tidur kamu menjadi lebih lelap dan berkualitas.

  • Lycopene


Merupakan jenis zat antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran. Khususnya yang memiliki warna merah dan orange. Biasanya makanan yang meerupakan sumber lycopene bisa didapatkan dari semangka, tomat, pepaya, cabai merah, jambu biji merah. Dan kol ungu.

  • Folat


Folat memiliki nama lain yaitu vitamin B9, folat berperan penting untuk menjaga fungsi tubuh agar bekerja dengan semestinya, termasuk dengan siklus tidur yang teratur. Folat banyak terdapat dalam makanan jenis kacang – kacangan, alpukat, asparagus, bayam, brokoli dan sayuran yang berdau hijau.

  • Fosfor


Mineral yang satu ini sangat penting untuk mengatur kelancaran metabolisme tubuh, perbaikan sel – sel tubuh dan penggunaan energi. Metabolisme dan perbaikan sel tubuh yang baik akan bermanfaat menjaga siklus tidur yang teratur. Mencukupi fosfor dalam tubuh mu dari ikan, kacang brasil, keju, biji labu kuning, daging tanpa lemak dan susu dengan rendah lemak serta tahu.

  • Vitamin C


Vitamin C berperan penting untuk memperbaharui dan memperbaiki jaringan sel yang rusak dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Seperti yang sudah kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan tidur bahkan menyebabkan terjadinya insomnia. Hampir semua buah dan sayuran mengandung vitamin C, namum sumber terbaiknya berasal dari paprika merah, kiwi, buah beri, buah citrus, dan tomat. 

  • Vitamin D


Vitamin D ini diperlukan untuk proses terjadinya penyerapan mineral, melindungi tulang dan menjaga stabilitas ritme sirkadian. Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D terbaik, tapi kamu bisa mendapatkan dari ikan laut, jamur, telur dan tahu.

Nah itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu agar bisa tidur dengan lebih nyenyak. Dan pastikan untuk mencukupi nutrisi – nutrisi tersebut dan kamu bisa tertidur dengan nyenyak saat malam hari.

0 Response to "Kekurangan makanan ini dapat menyebabkan kesulitan tidur"

Post a Comment