Makanan yang membantu tidur menjadi nyeyak


Mengkonsumsi makanan saat malam hari, terutama sebelum tidur memang hal yang sangat tidak disarankan jika kamu sedang melakukan program diet. Namun, hal ini berbanding terbalik jika kamu ingin tidur lebih nyenyak, kamu malah justru disarankan untuk makan saat malam hari sebelum kamu beranjak untuk tidur.

Saran yang memang cukup kontradiktif, khusunya untuk kamu yang memang sedang melakukan program penurunan berat badan sekaligu juga sedang mengalami masalah kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, kamu tidak perlu buru – buru khawatir, karena semua itu tergantung dari makanan apa yang akan dikonsumsi saat malam hari.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sebelum melakukan tidur malam lebih cepat dan nyenyak bukanlah makanan – makanan berat seperti nasi yang lengkap dengan lauk pauk serta sayuran. Menurut pakan diet Alissa Rumsey mengatakan, bahwa camilan yang tinggi karbohidrat lah yang akan mampu membantumu lebih mudah untuk melakukan tidur nyenyak.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, akan membuat tubuh kamu memproduksi insulin yang bertugas untuk menjaga kadar gula atau glukosa dalam darah. Menurut Alissa, zat insulin ini lah yang berperan untuk membuat kamu mengalami kantuk dan tidur dengan lebih cepat.

Zat Insulin dapat mempengaruhi pengaturan jam tidur pada ritme sirkdian tubuh. dengan mengkonsumsi sesuatu yang dapat memicu pengeluaran insulin, misalnya saja makanan yang berkarohidrat, mampu membentuk pola sirkadian yang lebih sehat menuruy pakar diet yang sekaligus menjadi juru bicara di Academy of Nutrition and Dietetics ini.

Peningkatan gula darah akan meningkatkan kadar insulin dalam darah. Insulin ini akan membantu trytophan untuk masuk ke dalam otak. Trytophan ini merupakan asam amino yang dapat mendorong serotonin pada otak. hormon ini dapat menciptakan rasa tenang, rileks dan mengantuk.

Namun yang perlu diingat adalah makanan yang dikonsumsi sebaiknya bukan lah jenis makanan yang berat. Cukup hanya sedikit camilan yang ringan yang tidak lebih dari 150 sampai 200 kalori dan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang untuk menimbulkan efek rileks dan mengantuk tersebut.

Menurut pakar diet Alissa menyarankan untuk menkonsumsi satu cangkir sereal dan dengan sedikit susu, atau pun snack gandum dengan potongan keju diatasnya. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi sehelai roti yang sedikit olesan selai kacang maupun yoghurt dengan sedikit taburan granola. Ingat, kamu hanya perlu sedikit camilan untuk membantu tidur kamu, bukan untuk camilan mengenyangkan perut kamu.

Selain itu, hindari juga maknan yang mengandung zat kafein misalnya saja cokelat atau pun makanan yang memiliki kandungan the. Jika kamu merupakan tipe orang yang memang sangat sensitif dengan zat kafein, mengkonsumsi sedikit kafein dengan kadar yang rendah pun akan tetap berpotensi untuk membuatmu lebih sulit tidur.




0 Response to "Makanan yang membantu tidur menjadi nyeyak"

Post a Comment