MENGENALI CIRI – CIRI MAAG KRONIS DAN AKUT


Penyakit maag memang sering dianggap sebagai penyakit yang umum dan biasa yang tidak menimbulkan gejala yang buruk. Namun untuk orang penderita sakit maag sebaiknya untuk mewaspadai terhadap kondisi maag kronis. Maag kronis bisa muncul karena penyakit maag yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Selain itu gaya hidup yang kurang sehat juga bisa memicu maag kronis.

Penyebab maag kronis

  • Memiliki penyakit maag yang tidak memperoleh perawatan yang tepat dan sering diabaikan.
  • Mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang yang akan menyebabkan efek buruk bagi lambung dan usus.
  • Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol yang berlebihan akan menekan fungsi lambung dan menyebabkan tidak nafsu makan
  • Memiliki riwayat penyakit tukak lambung yang disebabkan karena infeksi bakteri H.pylori
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya penyakit ginjal
  • Kondisi penyakit gangguan empedu yang menyebabkan cairan empedu mengalir sampai ke bagian lambung


Kondisi maag kronis bisa terjadi dan terkadang memang tak terduga. Ada beberapa ciri – ciri yang bisa terlihat sebelum maag kronis terjadi. Berikut ciri – ciri maag kronis yang perlu anda ketahui :

1. Sakit perut atas

Bagi penderita penyakit maag kadang memang sering mengalami sakit perut diatas. Sakit perut yang terjadi seperti perih, melilit dan sangat tidak nyaman. Hal ini terjadi akibat adanya pembengkakan yang muncul pada bagian selaput perut. Terkadang rasa sakit ini akan menjadi lebih parah jika perut sama sekali tidak mau menerima makanan. 


2. Tubuh sangat lemah

Orang yang menderita maagb kronis tubuh akan menjadi sangat lemah. Tubuh tidak bisa melakukan aktivitas karena rasa sakit perut yang teramat sangat. Kondisi ini akan semakin di perparah jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang baik. Padahal peradangan bagian lambung dan selaput perut menyebabkan penderita tidak bisa makan.

3. Kembung

Perut kembung bisa membuat penderita maag kronis menjadi tidak nyaman. Penyebab perut kembung ini akibat adanya peradangan yang terjadi pada lambung. Selain itu, lambung yang terlalu banyak memproduksi asam akan membuat asam naik ke bagian perut atas.

4. Mual dan muntah

Kondisi mual dan muntah sering disebabkan karena asam yang berlebihan pada lambung dan sudah naik ke perut atas.

5. Bersendawa

Sendawa juga paling sering terjadi pada orang yang menderita penyakit maag. Ketika bersendawa maka perut akan menjadi lebih nyaman namun juga akan memancing sendawa yang terus – menerus. 

6. Berat badan menurun

Biasanya penderita maag kronis akan terlihat lebih kurus . hal ini terjadi karena mereka tidak bisa makan dengan baik dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena perut selalu menolak makanan yang masuk ke dalam tubuh.

7. BAB berdarah

Pendarahan pada saat BAB disebabkan karena infeksi peradangan pada lambung sering menyebabkan luka pada lambung dan usus. Jika dibiarkan hal ini akan semakin memburuk dan muncul darah dalam tinja.

8. Muntah darah

Muntah darah dapat terjadi pada orang yang menderita maag kronis. Karena penderita tidak bisa menerima makanan karena kondisi perut yang tidak dapat menerima makanan dan penderita mengalami muntah yang berlebihan sampai muntah darah.

0 Response to "MENGENALI CIRI – CIRI MAAG KRONIS DAN AKUT"

Post a Comment