Penyebab terjadinya mid insomnia


Pada jam 10 atau pun jam 11 malam hari, kamu akan mudah mengantuk dan tertidur lelap. Namun, ketika pada jam 3 pagi dini hari, kamu akan terbangun dengan mata yang terbuka lebar dan tidak merasa sedikit pun rasa kantuk. Jika kamu sering mengalami peristiwa yang serupa, dalam istilah medis kondisi seperti ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur. 

Jika kamu terbangun pada saat malam atau pun dini hari, dan akan sulit untuk tertidur kembali dalam 30 menit selama tiga atau pun empat hari dalam satu minggu, makan hal ini akan memungkinkan kamu mengalami yang namanya gangguan tidur yang lebih serius. 
Lalu apa saja penyebab terjadinya kondisi seperti ini? Berikut ini informasinya. 

Faktor usia

Seiring dengan bertambahnya usia, jam tidur akan berkurang dari 7 sampai 8 jam sehari menjadi 4 sampai 5 jam dalam sehari. Hal ini dikarenakan orang – orang yang sudah berumur paruh baya akan cenderung terbangun di saat tengah – tengah tidurnya. Frekuensi terbangun tiba – tiba ini lebih sering terjadi pada orang yang sudah berumur ketimbang orang yang masih muda. Karena semakin tua, tubuh akan mengalami yang namanya kesulitan tidur dan biasanya akan semakin bertambah.

Gangguan tidur

Orang yang menderita insomnia tidak hanya mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak saja, tapi lebih cenderung sering terbangun pada saat tengah malam hari. terbangun pada saat malam hari bisa juga disebabkan karena sleep apnea, yaitu suatu kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik ketika tidur. Nah, jeda napas tersebut lah yang membuat orang secara tidak sadar terbuka matanya.

Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh terkadang sering menjadi salah satu penyebab seseorang terbangun dari tidurnya saat malam hari. misalnya saja karena perut yang terasa melilit atau perut kembung akibat terlalu banyak makanan yang masuk dalam perut pada saat siang hari. orang yang memiliki masalah atau gangguan bipolar yaitu perubahan mood tiba – tiba juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Faktor Lingkungan

Kondisi kamar dan tempat tidur merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas tidur seseorang. Lingkungan sekitar tempat tidur yang nyaman dan bersih. Akan menciptakan suasana yang kondusif untuk tertidur lelap saat malam hari sampai dengan keesokan harinya. Misalnya saja dengan pancaran cahaya yang masuk dari ruangan lain ke dalam kamar, bisa saja akan membuat kamu terbangun tanpa disadari.

Lalu apa yang bisa dilakuakan?
Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama, jangan berdiam diri di tempat tidur kamu. Jika kamu masih belum bisa tertidur lebih dari 20 menit, sebaiknya kamu bisa bangkit dari tempat tidur dan melakukan sedikit relaksasi. Misalnya saja dengan cara merenggangkan otot, atau bisa juga dengan membaca buku. 

0 Response to "Penyebab terjadinya mid insomnia"

Post a Comment