RATATOUILLE RATUNYA VEGETARIAN ASAL PERANCIS


Siapa yang tak mengenak dengan ratatuille, makanan klasik khas perancis ini dipopulerkan lewat film Walt Disney yang berkisah tentang seekor tikus yang ingin menjadi koki. Makanan ini merupakan jenis masakan dimana sayur – sayuran merupakan bahan utama dalam membuat makanan ini. Padahal makanan ini merupakan makanan yang kaya akan protein dan vitamin yang merupakan hidangan sempurna untuk makan malam. Bahkan Ratatouille sangat cocok untuk menjamu tamu.

Menurut sejarahnya, nama ratatoulle mulai di kenal di negara Perancis sejak tahun 1778. Kata Rata yang berasal dari kata Chunky stew sedangkan kata tatouiller yang berarti diaduk. Bahan untuk membuat makanan ini adalah timun jepang, terong, paprika, bawang putih, tomat, dan olive oil. Ratatouille sendiri memang jenis makanan untuk vegetarian yang menyajikan kelezatan lebih dari sekedar sayur – sayuran. Walaupun ratatouille terdiri dari berbagai jenis sayuran namun cita rasanya yang lezat membuat makanan ini menjadi makanan utama yang tak kalah populer dengan daging, makanan laut dan ayam. Dengan warnanya yang meriah dan penyajiannya yang unik, ratatouille sering disebut sebagai ratunya makanan vegetarian.

Ratatouille juga biasa dihidangkan sebagai makanan penutup dan jika hendak dijadikan makanan utama biasanya disajikan dengan udang yang berukuran besar atau bisa juga dengan ikan. Makanan ini sungguh sangat sehat dan dapat di jadikan pilihan untuk orang yang menghindari makanan berkolesterol tinggi.

Ratatouille adalah jenis makanan yang bisa dikonsumsi dalam keadaan panas, dingin maupun dalam suhu ruangan. Keunikan dari makanan ini adalah kesederhanaannya. Seluruh bahan – bahan yang segar dicampur menjadi satu bagian dan di tumis sampai matang. hal ini menjadikannya makanan yang sangat mudah untuk di siapkan.

Membuat Ratatouille dengan resep tradisional tidak lah sulit, masing – masing sayuran dan bahan pelengkap lainnya secara terpisah hingga berwarna sedikit kecoklatan. Pertama – tama masukan bawang, tomat, bubuk bawang putih dan bubuk lada setelah itu memasukan terong dan terakhir adalah timun jepang. Jika kamu menyukai rasa pedas maka kamu bisa menambahkan bubuk lada lebih banyak.

Pada dasarnya cara memasak makanan ini sama seperti makanan lainnya hanya saja penyajiannya yang beragam. Ratatouille bisa disajikan dingin bersama dengan salad, keju parut dan juga bisa disajikan bersama soup. Ratatouille termasuk dalam jenis makanan tambahan, bisa bersama dengan daging kambing bakar, ikan yang di bakar setengah matang, yang digulung kedalam dada ayam bahkan bersama dengan tumis daging yang dilumuri dengan saus keju. Untuk para Chef biasanya menghidangkan makanan ini sebagai makanan penutup. Namun di beberapa negara, menu ini merupakan makanan utama dan dihidangkan bersama dengan roti perancis dan anggur merah.

0 Response to "RATATOUILLE RATUNYA VEGETARIAN ASAL PERANCIS"

Post a Comment