5 KULINER KHAS NEGERI KINCIR ANGIN


Negara yang satu ini pasti tidak asing lagi di telinga, Belanda. Belanda memang sudah menjadi bagian sejarah bangsa Indonesia selama lebih dari 150 tahun. Dalam artikel ini akan membahas tentang makanan khas Belanda yang di pengaruhi masakan Perancis Utara yang mana negara ini dulunya juga sempat menjajah Belanda. Masakan Belanda menjadi tiga bentuk umum, berdasarkan daerah, yaitu masakan bagian timur, utara dan barat. Tentu saja banyak sekali makanan – makanan khas yang terdapat di Negara ini. 


1. Stamppot

Inilah makanan yang sering direkomendasikan kepada para turis apabila mereka bertanya mengenai kuliner khas negeri kincir angin tersebut. Makanan ini terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan, di campur dengan beberapa sayuran seperti wortel, atau sayuran hijau lainnya. Makanan ini dihidangkan pada saat panas bersama dengan sosis besar bernama Rookwors. Makanan ini biasanya di hidangkan saat musim dingin tiba.


2. Hutspot

Selain makanan Stamppot. Hutspot adalah makanan khas Belanda lainnya yang tidak kalah lezat. Bagi orang pecinta daging, makanan ini dapat memanjakan lidah kamu. Daging yang dimasak dan dipotong dadu, dicampur dengan sayuran yang dihaluskan, seperti buncis, wortel, kentang dan bawang bombay. Hutspot  juga merupakan makanan yang paling sering di buru masyarakat Belanda ketika ada tamu yang datang.

3. Keju Edam

Di Negara Eropa memang terkenal dengan sumber keju yang melimpah dan terbaik di dunia. Belanda salah satunya, yang memiliki keju khas yang terkenal lezat yaitu Keju Edam. Seperti pada umunya keju, bahan dasar pembuatannya adalah susu sapi. Keju Edam memiliki lapisan parafin merah yang merupakan keju lainnya yang di ekspor dari negara lain. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang sedikit lebih asin atau bisa dikatakan mirip kacang. Dari sekian banyak keju, keju edam merupakan keju yang kandungan lemaknya paling rendah dan kandungan protein sebanyak 25 persen. Biasanya orang Belanda menyantap Keju Edam sebagai topping kue dan teman minum teh.

4. Waterzooi

Makanan ini direkomendasikan untuk orang yang menyukai kehangatan. Makanan ini sering dihidangkan pada saat musim dingin. Waterzooi merupakan makanan semacam soup. Pada awalnya makanan ini terbuat dari ikan, baik yang tawar maupun ikan laut. Namun sekarang ini Waterzooi hadir dengan menggunakan bahan yang lebih  udah yaitu ayam. Seperti namanya makanan ini adalah rebusan ikan atau ayam yang dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran seperti daun bawang, wortel, dan kentang. Dan dimasukkan juga telur, krim dan mentega.

5. Sup Ercis

Di negara ini memang terkenal dengan masakan soup nya. Setelah Stamppot dan Waterzooi, masakan sup Belanda lainnya yang tak kalah lezat adalah Sup Ercis. Dinamakan Sup Ercis karena bahan utama ini terbuat dari kacang ercis. Sup ini berwarna hijau kekuningan bahkan cenderung coklat. Selain kacang ercis, sup ini juga berisi berbagai bahan lainnya seperti kentang, wortel, prei, daging sapi ataupun ayam.

Comments