5 MAKANAN YANG DAPAT MEMICU RASA LAPAR


Bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet , sebaiknya untuk menghindari beberapa makanan di bawah ini. Ketika seseorang berencana untuk menurunkan berat badan, hal utama yang harus dilakukan adalah menghindari berbagai macam camilan. Namun, ternyata tidak hanya camilan yang harus di hindari. Selain camilan kita juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jahat. Di bawah ini beberapa makanan yang harus di hindari bukan karena mengandung lemak, namuun dapat meningkatkan nafsu makan.

1. Jus

Proses membuat jus yang menggunakan bahan – bahan yang mengandung serat dan cairan manis. Tentu saja jika kamu mengkonsumsi minuman dengan kalori yang dapat mempengaruhi gula darah dan mengarah pada perasaan lapar dari sebelumnya. Penelitian membuktikan bahwa tubuh tidak lagi kenyang dengan kalori dlam jus yang menjadi makanan pengganti untuk tubuh, sehingga akan membuat seseorang haus dan dehidrasi dan mengkonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan serat seutuhnya.

2. Makanan dengan label “sehat”

Orang akan cenderung memilih mengkonsumsi makanan secara berlebihan produk makanan yang ber label sehat. Namun hal ini justru akan membuat orang cenderung memesan makanan tersebut dalam porsi yang lebih besar dan merasa kurang kenyang setelah makan makanan tersebut. Alasan yang tepat di balik hal tersebut memang tidak jelas, tapi memungkinkan ada hubungannya dengan pemrograman diri untuk berhubungan dengan makanan yang tidak sehat untuk merasa kenyang.

3. Makanan ringan asin

Mengkonsumsi makanan ringan dengan rasa asin mengandung  jumlah natrium yang berlebihan, dan sering kali tidak mengandung serat ataupun protein. Makanan ringan dengan kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi tubuh untuk memakan lebih banyak lagi makanan tersebut.

Kurangnya serat dan protein pada makanan berarti bahwa makanan adalah karbohidrat berat dan tidak seimbang dan akan mengarahkan pada meningkatnya gula darah yang tak dapat terhindarkan.

4. Pemanis buatan

Dengan produk yang ber label “sugar free” tidak berarti makanan tersebut tidak mengandung gula sama sekali. Sebaiknya untuk memeriksa apakah makanan tersebut ditambahkan pemanis buatan atau tidak. Pemanis buatan dapat membuat otak kita untuk berpikir bahwa kita mengkonsumsi makanan yang menyenangkan. Pada saat seseorang tidak mengkonsumsi makanan yang nyata dan tubuh mengharapkan hal tersebut, kemungkinan akan muncul keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis yang lebih banyak.

5. Smoothies buah

Smooties tidak memiliki protein dan hanya mengandung fluktosa. Hal ini akan membuat peningkatan pesat yang terjadi dalam gula darah. Selain hal itu, smooties memiliki kandungan kalori yang terlalu rendah untuk mengenyangkan tubuh. hal ini akan membuat tubuh menjadi semakin tertarik untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan setelah itu.

Comments