MAKANAN YANG PERLU DI HINDARI UNTUK DI KONSUMSI PADA MALAM HARI


Mengkonsumsi makanan sebelum tidur merupakan hal yang paling mudah untuk meningkatkan berat badan dan tidur menjadi nyenyak. Namun tahukah anda jika ada beberapa makanan yang  tidak baik untuk di konsumsi sebelum tidur? Ada beberapa makanan yang di konsumsi sebelum tidur dapat menyebabkan kerusakan serius pada jaringan tenggorokan dan kerongkongan. Ketika anda sudah merasakan sakit pada bagian tersebut, bisa di pastikan bahwa anda mengalami refluks asam yang terjadi karena cairan pada saluran pencernaan dan lambung naik kembali ke atas bagian dada atau tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan sensasi terbakar.

Faktor utama yang dapat meningkatkan resiko refluks asam tersebut sejauh ini adalah ketikan orang mengkonsumsi makanan pada malam hari. berikut ini beberapa makanan yang tidak baik di konsumsi pada malam hari.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang akan melemaskan katup yang berhubungan dengan lambung dan kerongkongan. Ketika hal ini terjadi, tubuh anda akan mengalami kesulitan menyimpan makanan pada tempatnya. Jika anda terlanjur mengkonsumsi alkohol sebelum tidur anda harus siap mengalami refluks asam.

Soda

Soda memang merupakan minuman yang tinggi akan kandungan asam. Asam yang terlalu tinggi akan dapat merusak katup lambung dan kerongkongan. Belum lagi, minuman soda yang berkarbonasi akan membuat perut menjadi kembung.

Cokelat

Makanan coklat memang mengandung lemak yang tinggi. hal inilah yang akan membuat katup menjadi lemas. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein dan stimulan. Mengkonsumsi banyak cokelat pada malam hari dapat membuat kepala menjadi pusing dan terasa seperti melayang.

Keju

Keju juga merupakan makanan yang mengandung lemak. apalagi keju yang anda konsumsi adalah keju jenis mozzarella yang dapat memicu terjadinya efek refluks . hal ini lah yang menjadi alasan bahwa orang tidak boleh makan pizza pada malam hari.

Kacang – kacangan

Kacang – kacangan merupakan makanan yang berlemak, entah itu lemak jenug maupun tak jenuh. Hal ini biasanya juga meningkatkan resiko refluks asam. Meskipun kacang – kacangan dalam kondisi tertentu sehat, namun sebaiknya anda menghindari makanan ini sebelum tidur. Misalnya saja kenari, kacang mete, dan kacang macadamia. Sementara untuk kacang jenis pistachio dan almond memiliki resiko yang lebih rendah.

Kopi

Tidak hanya kaitannya dengan asam. Tapi kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga dapat menimbulkan meningkatnya asam lambung dalam tubuh. yang dapat menimbulkan refluks asam.

Nah itulah beberapa makanan yang sebaiknya di hindari pada malam hari. sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam yang rendah pada malam hari, misalnya semangkuk sereal, buah pisang, teh chamomile dan susu dengan kandungan lemak yang rendah.

Comments