MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DI DINGINKAN DALAM KULKAS


Mungkin orang berpikir bahwa cara yang tepat untuk menyimpan sayuran adalah dengan menaruhnya di kulkas agar tetap segar. namun ternyata tidak semua bahan makanan yang di simpan dalam kulkas itu baik.

1. Tomat

Tomat merupakan jenis buah dan bisa juga disebut dengan sayuran. Ternyata walaupun setelah dipetik, tomat masih tidak tahan dengan dingin. Jika tomat di simpan dalam kulkas, itu bukanlah tempat yang cocok untuk tomat. Tomat yang di simpan dalam kulkas akan menjadi layu dan meskipun masih bisa digunakan untuk dimasak namun tidak untuk dimakan segar. lebih baik simpanlah tomat di tempat yang suhu udaranya normal seperti meja dapur.

2. Kemangi

Ternyata kemangi juga sama seperti tomat. Jika kemangi di simpan dalam kulkas maka akan menyebabkan kemangi menjadi layu secara dini. Kemangi akan berada dalam kondisi maksimal jika disimpan diatas meja dapur dan dirawat seperti bunga yang segar. Dengan membungkus kemangi secara longgar dengan kantong plastik untuk menjaganya tetap lembab.

3. Kentang

Kentang sebaiknya disimpan dalam suhu yang dingin namun bukan suhu yang beku. Kentang baik di simpan dalam suku antara 7,3 derajat celcius. Sebagian besar masyarakat tidak memiliki ruangan penyimpan di bawah tanah, jadi menyimpan kentang di dalam kantong kertas di tempat yang dingin. Karena dengan kertas akan lebih memiliki pori – pori untuk bernapas. Menyimpan kentang dalam kulkas akan dapat mengubah zat tepung menjadi gula dengan mudah yang akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan proses kematangannya.

4. Bawang

Untuk menjaga lapisan kulit tipis bawang, sebaiknya bawang di simpan di tempat yang kering seperti lemari penyimpan makanan yang tidak selembab dan sedingin kulkas. Selain itu kekurangan sirkulasi udara dapat membuat bawang menjadi cepat busuk. Simpanlah bawang di tempat yang dingin, gelap, kering dan memiliki ventilasi udara yang baik.

5. Avokad

Pada saat kamu membeli alpukat yang sekeras batu, lebih baik jangan di simpan di dalam kulkas. Karena hal ini akan memperlambat proses pematangannya. Namun jika kamu memiliki alpukat yang telah matang dan tidak ingin langsung di konsumsi, simpanlah alpukat di dalam kulkas untuk mencegah cepat busuk.

6. Roti

Suhu kulkas yang dingin akan menyebabkan roti yang lembut menjadi kering. Lebih baik menyimpan roti di dapur dengan suhu ruangan yang normal. 

7. Kopi

Jika kopi di simpan dalam kulkas atau freezer akan mempengaruhi rasa kopi. Baik kopi yang bubuk maupun biji kopi. Lebih baik menyimpan kopi dalam toples kedap udara.

8. Pisang

Pisang yang telah matang jika di simpan terlalu lama di kulkas maka pisang tersebut akan menghitam dan cepat bonyok. Pisang akan berubah menjadi kecoklatan atau hitam jika di simpan dalam kulkas.

Comments